Halaman Indexed Anda Turun – 5 Kemungkinan Alasan Mengapa

Halaman Indexed Anda Turun - 5 Kemungkinan Alasan Mengapa

Mendapatkan halaman web Anda yang diindeks oleh Google (dan mesin pencari lainnya) sangat penting. Halaman yang tidak terindeks tidak bisa di rangking.

Bagaimana Anda melihat berapa banyak halaman yang telah Anda indeks? Kamu bisa

  • Gunakan situs: operator.
  • Periksa status XML Sitemap Submissions Anda di Google Search Console.
  • Periksa status indeksasi keseluruhan Anda.

Masing-masing akan memberi nomor yang berbeda, tapi mengapa berbeda adalah cerita lain.

Untuk saat ini, mari kita bicara tentang menganalisis penurunan jumlah halaman yang diindeks yang dilaporkan oleh Google.

Jika halaman Anda tidak diindeks, ini bisa menjadi tanda bahwa Google mungkin tidak menyukai halaman Anda atau mungkin tidak dapat dengan mudah merayapinya. Oleh karena itu, jika jumlah halaman terindeks Anda mulai menurun, ini bisa jadi karena:

  • Anda telah ditampar dengan hukuman Google.
  • Google menganggap halaman Anda tidak relevan.
  • Google tidak dapat merayapi laman Anda.

Berikut adalah beberapa tip tentang cara mendiagnosis dan memperbaiki masalah penurunan jumlah halaman yang diindeks.

  • Apakah Loading Halaman Benar?

Pastikan mereka memiliki 200 HTTP Header Status yang benar.

Apakah server mengalami downtime yang sering atau lama? Apakah domain baru-baru ini kedaluwarsa dan diperbarui terlambat?

Anda bisa menggunakan alat pemeriksa status HTTP Header gratis untuk menentukan apakah statusnya tepat. Untuk situs besar, alat perayap khas seperti Xenu, DeepCrawl, Screaming Frog, atau Botify dapat mengujinya.

Status header yang benar adalah 200. Terkadang beberapa kesalahan 3xx (kecuali 301), 4xx, atau 5xx mungkin muncul – tidak ada satu pun kabar baik untuk URL yang ingin diindeks.

  • Apakah Perubahan URL Anda Baru-baru ini?

Terkadang perubahan dalam pemrograman CMS, backend, atau server yang menghasilkan perubahan pada domain, subdomain, atau folder dapat mengubah URL situs.

Mesin pencari mungkin mengingat URL lama namun, jika tidak mengalihkan dengan benar, banyak halaman bisa menjadi de-indexed.

Semoga salinan situs lama masih dapat dikunjungi dengan cara tertentu atau formulir untuk mencatat semua URL lama sehingga Anda dapat memetakan 301 pengalihan ke URL yang sesuai.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*