Cara Mengidentifikasi & Menghilangkan Kanibalisasi Kata Kunci untuk Meningkatkan SEO Anda

Cara Mengidentifikasi & Menghilangkan Kanibalisasi Kata Kunci untuk Meningkatkan SEO Anda

Ada kesalahpahaman umum bahwa semakin banyak halaman yang Anda targetkan dengan kata kunci, semakin baik peringkat Anda untuk kata kunci itu. Setelah semua, semakin banyak halaman yang Anda miliki yang menimbun ceruk Anda, kemungkinan besar Google akan menangkap kata kunci Anda dan meningkatkan peringkat SERP Anda, bukan?

Sebenarnya tidak. Itu tidak benar.

Sebenarnya, menargetkan istilah tertentu di beberapa laman hampir selalu memiliki efek sebaliknya. Anda mungkin akan berakhir melakukan lebih berbahaya daripada baik untuk SEO Anda.

Alasannya sederhana: bila Anda memiliki beberapa peringkat halaman untuk kata kunci yang sama, sebenarnya Anda bersaing dengan diri Anda sendiri. Akibatnya, setiap halaman memiliki RKPT yang lebih rendah, otoritas yang berkurang, dan tingkat konversi yang lebih rendah daripada satu halaman yang dikonsolidasi.

Kami menyebutnya kanibalisasi kata kunci misstep SEO.

Apa itu kanibalisasi?

Kanalisasi kata kunci disebut demikian karena Anda “mencopoti” hasil Anda sendiri – Anda membelah RKPT, tautan, konten, dan (sering) konversi antara dua halaman yang seharusnya menjadi satu.

Bila Anda melakukan ini, Anda tidak menunjukkan kepada Google luas atau kedalaman pengetahuan Anda, dan Anda tidak memperbaiki otoritas situs Anda untuk kueri tersebut. Sebagai gantinya, Anda meminta Google untuk mempertimbangkan halaman Anda satu sama lain dan memilih mana yang menurutnya sesuai dengan kata kunci yang cocok.

Misalnya, jika situs web Anda menjual sepatu, dan “sepatu” adalah satu-satunya kata kunci yang Anda targetkan, pada dasarnya Anda memberi tahu Google bahwa setiap halaman adalah tentang “sepatu” terlepas dari apakah sepatu hiking, sepatu tenis, sepatu kets, dll.

Efek Negatif Kanibalisasi Kata Kunci Bisa Memiliki pada SEO Anda

Sayangnya, kanibalisasi kata kunci memiliki beberapa konsekuensi potensial bagi SEO Anda.

Banyak orang yang menderita kanibalisasi kata kunci bahkan tidak sadar bahwa ada yang salah. Mereka bahkan mungkin senang bahwa satu halaman diurutkan di slot kelima dan keenam untuk kata kunci yang ditargetkan, tanpa menyadari bahwa satu halaman otoritatif mungkin akan lebih tinggi dan lebih baik dikonversi.

Konsekuensi praktisnya jelas, namun: kehilangan lalu lintas situs, pertanyaan yang mengarah ke halaman yang salah, peringkat SERP yang berfluktuasi, dan akhirnya kehilangan penjualan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*